Perakitan Komputer
PERAKITAN KOMPUTER 1
GLOSARIUM
Input devices adalah perangkat yang
digunakan untuk memasukkan data - data dan mmberikan perintah pada komputer.
Output devicemerupakan perangkat keras
komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang
dilakukan oleh komputer untuk pengguna.
CPU (Central Processing Unit) atau prosesor
merupakan pemroses data dalam sebuah perangkat komputer.
Random acces memory (RAM) merupakan tempat didalam komputer dimana
OS, program aplikasi dan data yang sedang digunakan disimpan sehingga dapat
dicapai dengan cepat oleh prosesor.
Motherboard merupakan pengendali atau
pengntrol semua hal yang terhubung untuk berkomunikasi dengan peranti yang
lainnya dalam sistem.
Jumper merupakan
connector (penghubung) sirkuit elektrik yang digunakan untuk menghubyngkan atau
memutus hubungan pada suatu sirkuit.
Power supply merupakan alat yang menyediakan tenaga
listrik bagi semua komponen di dalam unit sistem.
PETA KEDUDUKAN BAHAN AJAR
Peta kedudukan bahan ajar merupakan suatu diagram yang menjelaskan struktur mata pelajaran dan keterkaitan antar mata pelajaran dalam satu kelompok bidang studi keakhlian. Gambar 1 menjelaskan peta kedudukan bahan ajar untuk program studi keahlian Rekayasa perangkat lunak. Kelompok C1 merupakan kelompok mata pelajaran wajib dasar bidang studi keahlian. C2 merupakan kelompok mata pelajaran wajib dasar program keahlian dan C3merupakan kelompok mata pelajaran wajib paket keahlian.
Sementara itu peta konsep mata pelajarn menjelaskan struktur urutan kegiatan belajar dan topik materi pelajar
BAB 1. Pendahuluan
A. Diskripsi.
Perakitan
komputer adalah
salah satu mata pelajaran wajib dasar program keahlian Teknik Komputer dan
Informatika (TKI). Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran perakitan
komputer
disampaikan di kelas X semester 1 dan semester dua masing-masing 4 jam pelajaran. Untuk semester
1 topik materi pembelajaran menekankan pada pengenalan komponen–komponen
yang ada pada komputer dan proses perakitan komputer. Sedangkan untuk semester 2 topik
materi pembelajaran menekankan pada pengujian hasil perakitan dengan melakukan instalasi
sistem operasi, instalasi periferal dan program aplikasi.
Pembelajaran perakitan
komputer ini
menggunakan metode pendekatan scientifik.
Dalam
pendekatan ini praktikum atau eksperimen berbasis sains merupakan
bidang pendekatan ilmiah dengan tujuan dan aturan khusus, dimana tujuan
utamanya adalah untuk memberikan bekal ketrampilan yang kuat dengan disertai
landasan teori yang realistis mengenai fenomena yang akan kita amati. Ketika
suatu permasalahan yang hendak diamati memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang
tidak bisa terjawab, maka metode eksperimen ilmiah hendaknya dapat memberikan
jawaban melalui proses yang logis. Proses-proses dalam pendekatan scientifik
meliputi beberapa tahapan (gambar 3) yaitu:
mengamati, hipotesis atau menanya, mengasosiasikan atau eksperimen,
mengumpulkan atau analisa data dan mengkomunikasikan. Proses belajar pendekatan
eksperimen pada hakekatnya merupakan proses berfikir ilmiah untuk membuktikan
hipotesis dengan logika berfikir.
B. Prasyarat
Berdasarkan
peta kedudukan bahan ajar, mata pelajaran sistem operasi ini mempunyai
keterkaitan dengan mata pelajaran sistem komputer dan sistem operasi.Perakitan
komputer merupakan tahapan untuk menyiapkan bagaimana seperangkat sistem
komputer dapat berjalan dengan baik. Untuk memahami proses perakitan komputer
yang benar, dibutuhkan pemahaman terhadap perangkat keras komputer baik secara logical
dan physical, dimana topik ini telah
diuraikan dalam mata pelajaran sistem komputer. Sementara itu untuk dapat
mengoperasikan perangkat lunak yang akan mengelola pemakaian sumber daya
komputer telah diuraikan dalam mata pelajaran sistem operasi.
Komentar
Posting Komentar