perintah format

FORMAT [format.exe]Perintah format digunakan untuk memformat agar disket dapat dipergunakan dalam operasi penyimpanan dan pengolahan data. Penulisan Sintaksny adalah :
DRIVE:\>FORMAT_DRIVE:[/spesifikasi][/..]
Contoh :
A:\>format
C:\>format a:/s
Pada saat ini, kebanyakan disket atau flashdisk yang dijual sudahdiformat dan siap digunakan. Disket atau flash disk tersebut sudah ber-label "formatted" atau "IBM formated" atau "PC formated" dan sebagainya. Jika membeli flsh disk atau disket yang berlabel "unformatted" atau tak ada label yang memberitahu telah terformat maka harus diformat dahulu sebelum digunakan. Perintah format ini juga dapat digunakan untuk menghapus seluruh isi disket atau flash disk.Untuk mengformat disket atau flash disk yang akan dijadikan sebagai bootable disk atau harddisk utama (yang menjadi tempat kernel untuk booting). Ketikkan perintah di bawah :
 Untuk drive floppy A : format a: /s
 Untuk drive harddisk C : format c: /s
 Untuk drive harddisk D : format d: /s
Ikuti langkah-angkah yang ditampilkan. Pengguna akan diperingatkan mengenai kehilangan data jika anda meneruskan memformat harddisk dengan menekan "Y" , dan kalau tidak ada masalah teruskan dengan menekan tombol <ENTER>.

Komentar

Postingan Populer